PEMBINAAN GURU AGAMA KRISTEN DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI DI PULAU BELITUNG

2 July 2024 | 34
Grid Perjadin - Novi (2)

Belitung – Jumat, 17 Mei 2024 bertempat di Lalucia Hotel Tanjungpandan Kabupaten Belitung telah berlangsung kegiatan dengan judul Pembinaan Guru Agama Kristen Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi di Pulau Belitung. Dr. Novy Amelia E. Sine yang adalah Dosen Tetap STFT Jakarta menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Adapun peserta yang hadir adalah guru-guru Pendidikan Agama Kristen yang tersebar di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur sebanyak 35 orang.

Dalam materinya Narasumber menjelaskan tentang Karakter Pendidik Kristiani Dalam Kurikulum Merdeka. Para peserta diminta menemukan dalam dirinya yaitu 5 karakter positif yang dapat berpengaruh kepada anak didik. Selain itu Narasumber juga menjelaskan tentang apa yang dibutuhkan untuk mencapai Pendidikan yang maksimal di abad 21. Yaitu 4C: Creativity, Critical Thinking, communication, collaboration. 4 hal ini sangat penting dalam kemajuan pendidikan khususnya dalam pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Kristen di sekolah masing-masing.

Para peserta sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini yang tidak hanya ceramah tetapi ada permainan dan aktifitas lainnya yang membuat kegiatan ini tidak membosankan. Di akhir materi Narasumber mengutip ayat Alkitab sebagai dasar karakter pendidik Kristiani yang terdapat dalam Titus 2:7-8 yang mengatakan, “dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita”. Pembinaan ini berjalan dengan baik dan lancar. (P/KN)