DIALOG KERUKUNAN INTERN UMAT BERAGAMA DAN MODERASI BERAGAMA DI PULAU BANGKA

2 July 2024 | 35
Grid Perjadin - Novi

Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama para tokoh agama berupaya memperkenalkan dan menumbuhkan pengajaran iman kepada umat yang saling menghargai dan menghormati melalui penguatan moderasi beragama. Sehubungan itu, Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kep. Bangka Belitung telah melaksanakan kegiatan Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Moderasi Beragama di Pulau Bangka pada tanggal 3 Mei 2024, bertempat di Bangka City Hotel Pangkalpinang.

Adapun Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah Pdt. Martin Lukito Sinaga yang merupakan Dosen Sekolah Tinggi Filasafat Driyarkara, STFT Jakarta dan juga sebagai Instruktur Nasional Moderasi Beragama Kementerian Agama. Dalam kesempatan itu Pdt. Martin Lukito Sinaga memaparkan tentang kapasitas dan sikap diri dalam melaksanakan moderasi beragama di masyarakat, diharapkan agar para peserta dapat memiliki sikap diri yang benar dan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai moderasi beragama serta menggagas kerukunan dan toleransi di Pulau Bangka.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 35 orang yang berasal dari para pimpinan, pengurus dan jemaat dari gereja-gereja yang ada di Pulau Bangka. Mereka antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari respon dan keseriusan dalam menerima materi, diskusi dan kegiatan kelompok yang dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi dari peserta, mereka sangat mengharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di waktu yang akan datang. (P/VT)